Menu

Admin Admin Author
Title: Wisata 11 Taman di Kota Kembang Bandung
Author: Admin
Rating 5 of 5 Des:
PAKAR NUSANTARA , BANDUNG - Kini, Bandung semakin cantik dengan dibenahinya beberapa taman baru. Lebih dari 10 taman yang dipercantik seja...

Artikel Terkait Jalan-jalan , Wawasan

Ingin Punya Toko Online Sendiri? Daftar Sekarang | Lihat Demo

Dapatkan potongan Rp350.000 menginap di AirBnB : 3 Cara Mudah Booking Kamar di AirBnB | Voucher Diskon AirBnB
PAKAR NUSANTARA, BANDUNG - Kini, Bandung semakin cantik dengan dibenahinya beberapa taman baru. Lebih dari 10 taman yang dipercantik sejak Ridwan Kamil menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Taman-taman yang menghiasi Kota Kembang ini menjadi salah satu tempat nongkrong favorit warga.

Bandung sudah dikenal sebagai kota yang memiliki banyak taman sejak zaman Belanda. Sekarang, sebutan Kota Kembang pun semakin terasa dengan pepohonan rindang beserta bunga-bunga nan asri. Sejumlah taman yang ada dibebenah sehingga menjadi salah satu daya tarik Kota Bandung saat ini. 

Alasan inilah yang membuat saya tergoda untuk kembali mengunjungi salah satu kota tempat saya menimba ilmu. Pembuatan taman-taman ini memanfaatkan area yang bisa dibilang terbengkalai. Ridwan Kamil menyulapnya menjadi sebuah kawasan publik nan nyaman, indah, serta asri. Taman-taman ini menjadi alternatif masyarakat untuk mencari udara segar dan area nyaman ditengah padatnya perkotaan untuk sekedar nongkrong, beristirahat, berfoto, hingga berekreasi. Tak lupa, akses WiFi juga tersedia sebagai salah satu konsep modern yang membuat nongkrong semakin lengkap. 

1) Taman Alun-Alun Bandung 
Menurut saya pribadi inilah taman tercantik di Kota Bandung. Taman yang berada di Jalan Asia Afrika ini menjadi taman pertama yang saya tuju. Rumput sintetis hijau dan mencolok seluas 4.000 meter persegi terhampar di depan Masjid Raya Bandung. Walaupun matahari bersinar begitu terik, pengunjung tetap beraktifitas di taman ini. Aktifitas seperti berlari, menari, bermain bola, makan bersama, hingga berfoto menggunakan tongsis bisa terlihat disini. Banyak juga yang menikmatinya dengan tiduran di hamparan rumput sintetis ini. Hampir di setiap sudut taman saya melihat pengunjung yang sedang berfoto. Setelah berjalan-jalan di rumput sintetis, saya kemudian bergegas naik lift menuju lantai 19 tower Masjid Raya Bandung. Dari sini saya bisa melihat hijaunya Taman Alun-Alun Bandung secara keseluruhan dengan motifnya yang bergaris-garis. Tidak hanya view alun-alun saja, pemandangan 360 derajat Kota Bandung bisa dilihat dengan jelas, mulai dari gedunggedung tinggi hingga pegunungan yang mengelilingi Kota Kembang. Di malam hari, puluhan lampu berdaya listrik panel surya terpasang di sekeliling dan menjadikan AlunAlun Bandung semakin memesona. Rasanya seperti berjalan-jalan di taman Eropa. Pengunjung pun tampak masih memenuhi taman ini. Selain itu pemandangan Masjid Raya Bandung terasa lebih cantik dan megah dengan lampu-lampunya yang bersinar terang. Inilah wajah baru Taman Alun-Alun Bandung yang pesonanya menjadi magnet bagi masyarakat di dalam maupun luar Kota Bandung. 



2) Taman Film 
Taman yang berlokasi di bawah jalan layang Pasupati, Taman Sari ini dibangun untuk warga Bandung menonton film maupun hanya nongkrong saja. Sore hari rasanya menjadi waktu yang pas untuk nongkrong di taman seluas 1.300 meter persegi dengan kapasitas sekitar 500 orang. Hari pun semakin gelap dan videotron raksasa 4x8 meter mulai menyala. Sound system berkualitas baik yang didukung daya listrik 33000 watt melengkapi suasana menonton outdoor ini. Penonton bisa duduk di beton bergaya terasering sawah atau lesehan di atas rumput sintetis depan layar. Saya menikmatinya di tempat duduk beton karena ukuran layarnya yang besar sehingga menontonnya tidak terlalu dekat. 

3) Taman Pasupati 
Hampir bersebelahan dengan taman film, ada Taman Pasupati atau lebih dikenal dengan sebutan Taman Jomblo. Nama jomblo diambil karena lokasinya di kolong jembatan Pasupati dengan deretan bangku-bangku untuk duduk sendiri. Anak-anak muda terlihat memenuhi bangku-bangku tersebut, baik itu sekedar nongkrong maupun berfoto-foto. Di sebelahnya tampak pemuda-pemuda yang bermain skateboard. Dalam satu hari, saya pun mengunjungi ketiga taman ini. 


4) Taman Superhero
Keesokan harinya, saya berjalan menyusuri Jalan Anggrek dari arah Jalan Supratman. Tak lama kemudian, patung raksasa Superman dan Batman sudah terlihat. Taman dengan luas sekitar 600 meter persegi ini dikelilingi pepohonan rindang dan dilengkapi wahana bermain anak. Dan yang paling menarik buat saya adalah patung Gatotkaca, sebuah karya seorang perupa Kota Bandung yang tersusun dari potongan logam tak terpakai, seperti penggunaan beberapa part motor. Tidak hanya itu, disini juga ada Spiderman dan Gundala Putra Petir. Anak-anak tampak mendominasi taman ini, ada yang sekedar bermain, dan ada juga yang asik berfoto bersama patung superhero. 


5) Taman Fotografi
Masih di Jalan Anggrek, ada juga Taman Fotografi dengan tugu huruf ‘C’ sebagai ciri khasnya. Taman ini merupakan wadah untuk komunitas foto berkumpul. Terlihat disediakannya beberapa bingkai bagi para fotografer yang ingin memasang karyanya. Selain itu, taman yang dikelilingi pepohonan rindang ini terdapat tempat bermain anak yang dibentuk menyerupai kamera serta lapangan yang cukup luas dengan bangku-bangku untuk bersantai. 


6) Taman Musik Centrum
Selanjutnya saya berjalan menuju Jalan Belitung yang merupakan lokasi Taman Musik. Patung unik berupa outline orang bermain contrabass berukuran sangat besar menjadi tokoh utama taman ini. Ia juga ditemani patung yang sedang bermain gitar, terompet, saxophone, hingga vokalis dengan ukuran yang lebih kecil di sisi kiri dan kanan taman. Band-band juga bisa manggung di taman ini, namun dengan mengajukan izin terlebih dulu pada Diskamtam untuk menghindari terjadinya bentrok jadwal. 


7) Taman Vanda
Tak jauh dari Taman Musik, tepatnya di antara gedung Bank Indonesia dan Polrestabes Bandung di Jalan Merdeka ada Taman Vanda. Taman yang namanya diambil dari salah satu jenis anggrek ini dilengkapi air mancur utama yang cukup tinggi ditemani beberapa air mancur pendek berwarna-warni. Namun saat ini Taman Vanda sedang direnovasi supaya tampil lebih cantik dan akan selesai sekitar satu atau dua bulan ke depan. 


8) Taman Balai Kota
Kemudian, saya pun menyebrang untuk memasuki taman selanjutnya. Terletak di dalam komplek Balai Kota Bandung, taman yang juga dikenal dengan nama Taman Dewi Sartika ini memiliki banyak pepohonan dan tempat duduk dari bebatuan untuk menikmati kesegaran alam. Taman Balai Kota ini memiliki beberapa empat patung ikonik. Yang pertama adalah patung Dewi Sartika, salah satu pahlawan wanita Jawa Barat. Kedua ada patung badak yang melambangkan binatang khas Jawa Barat. Terakhir ada dua patung merpati yang dibuat untuk memperingati dilepasnya 800 ekor merpati di taman ini. Selain itu, Taman Balai Kota sering digunakan untuk berolahraga ringan, seperti lari pagi dan bersepeda, terutama di hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur. 


9) Taman Lansia
Perjalanan saya lanjutkan menggunakan angkot menuju kawasan Gedung Sate, tepatnya ke Jalan Cisangkuy. Di paling ujung jalan langsung terlihat Taman Lansia. Taman ini bukanlah hanya “milik” kaum lanjut usia sesuai namanya, namun siapapun bisa masuk baik itu untuk berolahraga, rekreasi, maupun hanya duduk santai. Rindangnya pepohonan yang tidak hanya mengelilingi taman saja, namun hampir di sepanjang Jalan Cisangkuy menjadikan kawasan ini salah satu sarana refreshing dan beristirahat. 

10) Taman Pusaka Bunga Cilaki
Selanjutnya, berdekatan dengan Taman Lansia, ada Taman Pusaka Bunga Cilaki. Taman yang dulunya dikenal dengan nama Taman Cilaki ini, sekarang lebih cantik dengan ditanami sekitar 100 ribu bunga dari berbagai jenis. Bunga yang ditanam seperti Amaryllis, Poinsettia, Kalanchoe, Bougenville, Rhododenron, serta tanaman anggrek langka dari berbagai wilayah di Indonesia. Alhasil, suasana sejuk dan asri pun tercipta dan membuat banyak orang betah berlama-lama di tempat ini.

11) Taman Cibeunying
Kemudian saya kembali berjalan dan bertemu dengan Cibeunying Park. Taman ini cukup luas dilengkapi pendopo kecil serta bangkubangku taman untuk beristirahat. Pedagang pun cukup memadati area ini, apalagi saat itu hari minggu. Taman ini menutup petualangan saya mengelilingi taman-taman di Bandung. Sebetulnya masih ada taman-taman lain yang tak kalah freshnya, seperti Taman Maluku, Taman Ganesha, Taman Pramuka, Taman Persib, dan juga Pet Park.

Banyak bukan tempat tamasya asik di Bandung? bagi teman-teman yang ingin memaksimalkan liburannya, jangan lupa untuk selalu mempersiapkan kebutuhan sebelum jalan-jalan berupa makanan ringan, air minum dan kebutuhan berguna lainnya.

Teks & Foto Riman Saputra
Terima kasih telah membaca artikel Wisata 11 Taman di Kota Kembang Bandung
Link ke artikel ini: https://www.pakarnusantara.com/2015/09/hijaunya-kota-kembang-11-wisata-taman-bandung.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Wisata 11 Taman di Kota Kembang Bandung ini jika bermanfaat bagi Sobat.

Ingin pasang artikel atau beriklan? kunjungi halaman ini Pasang Iklan

About Author

Tips & Trik

loading...

Post a Comment Blogger

 
Top