Menu

Admin Admin Author
Title: Panduan Wisata: Kutai Kartanegara
Author: Admin
Rating 5 of 5 Des:
PAKAR NUSANTARA , KALTIM - Selain memiliki kekayaan alam yang berlimpah, Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur punya segudang seni...

Artikel Terkait Jalan-jalan , Panduan Wisata

Ingin Punya Toko Online Sendiri? Daftar Sekarang | Lihat Demo

Dapatkan potongan Rp350.000 menginap di AirBnB : 3 Cara Mudah Booking Kamar di AirBnB | Voucher Diskon AirBnB
PAKAR NUSANTARA, KALTIM - Selain memiliki kekayaan alam yang berlimpah, Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur punya segudang seni budaya yang memukau - begitu pula alamnya. Salah satunya Erau, yaitu tradisi budaya yang dilaksanakan setiap tahun dengan pusat kegiatan di Kota Tenggarong. Erau berasal dari bahasa Kutai, “eroh” yang artinya ramai, riuh, ribut, suasana yang penuh suka cita.

Transportasi
Berbagai penerbangan melayani rute ke Bandara Sepinggan, Balikpapan – merupakan bandara internasional dan pintu masuk utama wisatawan ke Kalimantan Timur. Terdapat beberapa pilihan penerbangan langsung ke Balikpapan dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Palu dan Manado. Untuk menuju ke lokasi transit ini kita bisa menggunakan pesawat grup Lion Air.

Objek Wisata
Keraton Kutai Kartanegara terletak di Ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara – merupakan peninggalan Kerajaan Kutai Kartanegara, sekarang beralih fungsi menjadi Museum Mulawarman bisa menjadi pilihan wisata. Ada pula Pulau Kumala terletak di tengah Sungai Mahakam, merupakan taman rekreasi perpaduan antara teknologi modern dan budaya tradisional. Pulau seluas 76 hektare ini dulunya adalah lahan tidur dan semak belukar. Pilihan lain, Taman Pedestrian yang dibangun di bawah jembatan ini menjadi tempat untuk bersantai.

Penginapan
Tersedia berbagai jenis akomodasi bagi yang sedang berlibur atau melakukan perjalanan bisnis ke Kutai. Keragaman akomodasi mulia dari hotel bintang sampai melati, baik bergaya modern atau tradisional tersedia. Hotel Elty Suite Lesong Batu merupakan hotel bintang tiga – bisa menjadi pilihan buat melepaskan lelah.

Belanja & Kuliner
Masakan dan makanan khas Kalimantan Timur sangat beragam dan sangat dipengaruhi oleh budaya dari suku asli maupun suku pendatang, seperti Dayak, Kutai, Banjar,Jawa, maupun Bugis. Misalnya sangan labu, yaitu sayur labu. Ada pula gangan pisang alias sayur pisang dan gence ruan, yaitu ikan gabus panggang bambu.

Untuk cinderamata, ada kelembit atau perisai alat penangkis dalam perang melawan musuh. Terbuat dari kayu yang ringan dan tipis tapi tak mudah pecah. Bagian depan terdapat ukiran khas Kalimantan, bermotif burung elang, naga dan topeng.
Terima kasih telah membaca artikel Panduan Wisata: Kutai Kartanegara
Link ke artikel ini: https://www.pakarnusantara.com/2015/07/kutai-kartanegara.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Panduan Wisata: Kutai Kartanegara ini jika bermanfaat bagi Sobat.

Ingin pasang artikel atau beriklan? kunjungi halaman ini Pasang Iklan

About Author

Tips & Trik

loading...

Post a Comment Blogger

 
Top